Toleransi Bagi Generasi: “Menanamkan Toleransi di Berbagai Bidang”

Penulis: Cynthia Fayola

Halo #MahasiswaSosial !

Selain membuka booth di Festival Relawan, Social Designee menyelenggarakan Kelas Relawan untuk memeriahkan Bulan Relawan Nasional di tahun 2018.

Kelas Relawan ini memiliki tema “Toleransi Bagi Generasi” yang dikategorikan menjadi empat macam kelas, yaitu “Membuat Konten Bertema Toleransi,” “Mengenal Autisme,” ” Mengenal BISINDO,” “Mengalami Toleransi dalam Kerelawanan,” dan “Cara Toleransi Kreatif untuk Anak.”

(Dokumentasi oleh Kevin Leonard A.)
(Dokumentasi oleh Regen Tjhindana)

Diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2018, Kelas Relawan disambut oleh relawan-relawan yang ingin belajar dan mengenali cara bersikap toleransi pada masing-masing bidang.

Setiap kelas membagikan ilmu berdasarkan bidangnya. Ivan Hartanto selaku pembicara kelas “Membuat Konten Bertema Toleransi” mengajarkan cara menulis dengan menggunakan metode Positive Hate Speech. Pada kelas “Mengenal Autisme,” Kwananingtyas B. P. memberikan gagasan bahwa penyandang autisme memiliki caranya sendiri untuk melihat dunia, sehingga kita harus menciptakan lingkungan yang positif untuk mereka.

(Dokumentasi oleh Cynthia Fayola)

Annisa Rahmania mengajarkan beberapa Bahasa Isyarat Indonesia, terutama alfabet A hingga Z, pada kelas “Mengenal BISINDO.” Berbeda dengan kelas “Mengalami Toleransi dalam Kerelawanan,” Anugerah Putra, selaku pembicara, membagikan kisah toleransi dirinya menjadi seorang relawan berlatar belakang minoritas ketika mengunjungi daerah Indonesia bagian timur. Kelas Relawan diakhiri dengan kelas “Cara Toleransi Kreatif untuk Anak,” di mana Tita Djumaryo membawakan buku ilustrasi berjudul Cap Go Meh yang bercerita tentang persamaaan makanan yang dihidangkan saat Tahun Baru Imlek dan Hari Raya Idul Fitri.

(Dokumentasi oleh Cynthia Fayola)

Melalui kelas-kelas ini, Social Designee memiliki tujuan agar ilmu dan perspektif yang didapatkan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki latar belakang masyarakat yang berbeda-beda, maka dari itu, toleransi adalah kunci untuk menyatukan bangsa kita.

Salam,

#MahasiswaSosial

Gimana komentar kamu?