Storytelling Dongeng Cikaputrian di Desa Medang!

Penulis: Cynthia Fayola

Halo #MahasiswaSosial!

Wah, kita berjumpa lagi nih pada artikel kunjungan ke desa. Pastinya kunjungan bulan Februari 2018 ini tidak kalah seru dengan kunjungan bulan November 2017 kemarin 😉 Artikel kunjungan bulan Februari 2018 akan dimulai dengan Desa Medang, yuk kita simak bersama!

Pada tanggal 6 Februari, Social Designee dan para relawan mengunjungi Desa Medang dengan rasa antusiasme yang tinggi 😁 Selain merupakan kunjungan pertama bagi para relawan, kunjungan ini juga merupakan kunjungan pertama bagi anggota Social Designee setelah 2 bulan tidak mengunjungi desa 😥 Kami tidak sabar untuk bertemu dengan adik-adik Desa Medang! 💛 #MahasiswaSosial kangen juga tidak dengan adik-adik Desa Medang?

Kunjungan ke Desa Medang dibuka dengan ice breaking “Bermain dalam Lingkaran.”

Mari kawan bermain dalam lingkaran
Menyebut binatang yang ada di hutan
Binatang apakah itu
Binatang apakah itu…

Ada yang pernah dengar lirik lagu permainan ini?

Permainan ini adalah permainan menebak nama hewan dengan cara mendeskripsikan karakteristik hewan tersebut 😄 Kira-kira adik-adik Desa Medang jago tidak dalam menebak nama hewan?


Jago dong! 😎 Adik-adik Desa Medang kan sudah banyak belajar tentang hewan saat kunjungan bulan November kemarin 😆

Setelah selesai bermain, adik-adik Desa Medang mendengarkan cerita dongeng Cikaputrian! Adik-adik Desa Medang mendengarkannya dengan saksama karena mereka belum pernah mendengar cerita dongeng dari Banten tersebut. Semoga dari storytelling ini wawasan adik-adik Desa Medang tentang cerita dongeng asal Indonesia semakin luas ya!

Cerita dongeng Cikaputrian ditutup dengan adik-adik Desa Medang yang menebak moral ceritanya yaitu tidak boleh sombong dan harus menghormati yang lebih tua. Wah, adik-adik Desa Medang semakin pintar nih! 😍

Kegiatan dilanjutkan dengan mewarnai pembatas buku yang bergambar 2 karakter dari cerita dongeng Cikaputrian. Adik-adik Desa Medang bisa menggunakan pembatas buku ini untuk menandai halaman pada buku pelajaran, buku cerita, ataupun komik milik mereka 😊

Sekian kunjungan kami di Desa Medang. Sampai jumpa pada artikel kunjungan bulan Februari berikutnya!

Salam,
#MahasiswaSosial

Gimana komentar kamu?