Menjadi Percaya Diri – Klasik #10 Bersama Gabriela Natasya

Halo,  #MahasiswaSosial!

Seperti biasa, kita kembali lagi bersama Klasik, waktu ngobrol bareng pengurus Social Designee dengan para #MahasiswaSosial. Untuk kesempatan kali ini, Klasik dibawakan oleh Kak Gabriela Natasya, yang akrab dipanggil Kak Gaby, dengan membawakan topik “Menjadi Percaya Diri” atau self-confidence.

Klasik dimulai dengan sebuah permainan, yakni melanjutkan kalimat “Hal yang membuat aku bangga hari ini adalah ……….”. Permainan ini dilakukan dengan mengajak para #MahasiswaSosial yang hadir untuk  menceritakan apa yang mereka banggakan hari ini beserta alasannya. Selintas permainan ini terlihat sederhana, namun ternyata juga mengasah struktur berpikir dan mengajarkan kita untuk bersyukur.

Setelah seluruh kakak #MahasiswaSosial sudah menceritakan hal yang mereka banggakan hari ini secara bergantian, Kak Gaby juga tak mau ketinggalan untuk menceritakan hal yang ia banggakan hari ini. Ia dengan percaya diri berkata, “Hal yang membuatku bangga hari ini adalah kesempatan untuk bisa berbagi cerita dengan teman-teman di Klasik ini.”

Jawaban Kak Gaby pun mendapatkan tepuk tangan, tanda semangat dari para kakak #MahasiswaSosial yang hadir! Melalui jawaban ini, kita dapat belajar bahwa berbagi adalah sebuah kebanggaan.

Kak Gaby kemudian mulai menceritakan saat ia menjadi bintang kelas di bangku sekolah. Namun, pada akhirnya ia gagal masuk ke perguruan tinggi negeri. Ia pun menceritakan lebih lanjut tentang kegagalan-kegagalan yang ia alami. Hal ini menjadi momen yang membuat dirinya tidak percaya diri karena merasa tidak bisa memenuhi ekspektasi orang tua dan teman-teman sekitarnya.

Tidak hanya mengeluh, Kak Gaby mulai mencoba belajar untuk tidak terlalu memedulikan ekspektasi orang lain dan memulai untuk menghormati diri sendiri, atau yang ia sebut self-respect. Self-respect berarti melakukan hal baik pada diri sendiri yang bisa dimulai dari kegiatan sederhana, seperti tersenyum untuk orang lain.

Untuk terus meningkatkan rasa percaya diri para #MahasiswaSosial, Kak Gaby memberikan satu kalimat mutiara yang ia sukai. “No one will believe in you, unless you do” oleh Dr. Ivan Joseph.

Sekian Klasik #10 “Menjadi Percaya Diri” bersama Kak Gaby. Sampai jumpa di Klasik selanjutnya!

Salam,
#MahasiswaSosial

Penulis : Ivan Hartanto
Editor : Gabriela Natasya

Gimana komentar kamu?