Mengajar Sambil Belajar, Mengapa Tidak?

Penulis: Adinda Cindy Lapod
Editor: Cynthia Fayola

Halo, #MahasiswaSosial !

Relawan Social Designee kembali mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan adik-adik di Desa Medang 1 pada tanggal 3 November 2018. Kami disambut dengan antusias walaupun dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat, sebaliknya mereka justru menunjukkan wajah-wajah yang bersahabat untuk beraktivitas bersama kami!

Pertemuan hari itu dimulai dengan perkenalan antara adik-adik dan relawan. Ternyata, mereka begitu cepat dalam mengakrabkan diri dengan kakak-kakak relawan meskipun baru pertama kali bertemu. Bahkan tanpa sungkan sedikit pun, beberapa di antaranya berlari dan memeluk kakak-kakak relawan dengan begitu erat!

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan bermain Cermin Kebalikan. MC Games menceritakan sebuah kisah yang harus disimak oleh adik-adik. Misalnya, ketika MC Games mengatakan “mundur” di sela cerita, adik-adik harus melakukan sebaliknya. Adik-adik begitu sigap dan pandai lho dalam permainan ini! Senang deh dapat melihat senyuman yang terukir di wajah mereka!

(Dokumentasi oleh Febby Curie)

Bulan ini Social Designee mengangkat tema pahlawan nih, #MahasiswaSosial ! Adik-adik diminta untuk menyebutkan sosok yang mereka anggap sebagai pahlawan, kemudian menggambarkan sosok pahlawan itu pada secarik kertas dan diwarnai. Beberapa adik menggambar ibu sebagai sosok pahlawan dan ada pula yang menggambar guru. Masing-masing dari mereka mempunyai warna favorit lho! Ada yang menyukai warna kuning, ada juga yang suka dengan warna ungu. Warna-warna tersebut digunakan untuk mewarnai hasil gambar mereka.

(Dokumentasi oleh Febby Curie)

Terjadi banyak kejadian seru selama menghabiskan waktu dengan adik-adik Desa Medang 1. Mereka tidak ada habisnya membuat kami tersenyum. Salah satunya ketika mereka mengusulkan permainan Kotak Pos yang membuat kami menggelengkan kepala sambil tertawa melihat tingkah mereka saat bermain.

Kami yang ingin menghibur, malah kami yang dihibur oleh mereka. Rupanya, kegiatan yang dilakukan oleh Social Designee menghasilkan koneksi yang berharga. Tidak sekadar relawan mengajari adik-adik, tetapi juga relawan memetik banyak pelajaran dari adik-adik!

Sekian artikel kunjungan pada tanggal 3 November 2018 di Desa Medang 1. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Salam,
#MahasiswaSosial

Gimana komentar kamu?