Menciptakan Tempat Alat Tulis dari Koran dan Botol Bekas

Penulis: Arya S. Aji
Editor: Cynthia Fayola

Halo #MahasiswaSosial!

Bulan ini akan berjalan dengan penuh keseruan. Terdapat sekitar 80 lebih relawan di bulan September yang akan mengunjungi 6 desa binaan Social Designee! Namun, artikel ini akan menceritakan kegiatan pada tanggal 1 September di Kampung Bambu 3B saja. Keseruan di desa lain akan dipublikasikan pada artikel selanjutnya!

“Kalau tidak ada pertanyaan lagi, kita foto bareng, lalu langsung menuju angkot masing-masing ya!” ucap Kak Regina menutup sesi briefing.

Setelah selesai berfoto, kami, 9 relawan dan 2 anggota Social Designee yang akan berkunjung ke Kampung Bambu 3B, berjalan menuju angkot. Kami melanjutkan perbincangan kami di angkot hingga sampai di desa. Canda dan tawa yang kami lakukan sebelumnya di angkot, kami tularkan kepada adik-adik Kampung Bambu 3B!

“Halo! Ada yang mau bantuin aku gelar terpal ga?” sambut Kak Arya, salah satu relawan.

“Aku mau!” seru adik-adik sambil berebut terpal.

Beberapa dari mereka menggelarnya dengan baik, tetapi ada juga yang menggunakan terpal tersebut sebagai media barongsai. Adik-adik Kampung Bambu 3B sangat lucu ya!

(Dokumentasi oleh Hasna Rafida Sari)

Ice-breaking game kali ini adalah “Pesan Berantai.” Kak Regina, selaku MC games, akan mengucapkan sebuah kata-kata, kemudian diucapkan berantai oleh adik-adik hingga baris terbelakang.

Tiga babak kami lakukan untuk mencairkan suasana dan mengakrabkan para relawan dengan adik-adik, dan pada akhirnya kelompok 1 yang menang! Walaupun kelompok 1 selalu kalah cepat dengan kelompok 2, namun pesan yang diterima selalu benar.

Kami memulai materi kami yaitu membuat kotak pensil dari botol bekas dan dihiasi dengan kertas koran atau origami. Ada yang menghias dengan objek hati, petir, hingga foto atlet Asian Games yang sedang populer! Setiap karya yang mereka buat dipresentasikan di depan teman-teman mereka.

(Dokumentasi oleh Hasna Rafida Sari)

Sekian cerita singkat keseruan kami di Desa Kampung Bambu 3B! Tunggu cerita kami berikutnya!

Salam,
#MahasiswaSosial!

Gimana komentar kamu?