Klasik, Kelas Asik #7 tentang Empati bersama Kak Vincentius Goh

Halo,  #MahasiswaSosial !

Sejak bulan Februari 2019, Social Designee mulai mengadakan kegiatan ngobrol bareng yang terbuka untuk umum, antara pengurus Social Designee dengan para #MahasiswaSosial. Kegiatan ini dinamai Klasik, Kelas Asik. Nah, kira-kira apa yang dilakukan di Klasik ini ya? Yuk, simak keseruan Klasik pada tanggal 23 Februari 2019 kemarin! Dibawakan oleh Kak Vincent, Klasik bertopik empati ini dimulai dengan sebuah permainan berjudul “I feel so … saat …” Permainan sangat seru karena mendorong kreativitas kakak-kakak #MahasiswaSosial untuk menceritakan perasaan mereka hari itu secara bergiliran.

Setelah permainan, Kak Vincent melanjutkan presentasinya tentang masalah empati yang gawat di Indonesia, khususnya pada media sosial. Kak Vincent menyatakan bahwa masalah empati tentu tidak akan muncul apabila kita sadar akan pentingnya mencoba memahami perasaan orang lain.

Untuk memudahkan para #MahasiswaSosial memahami empati, Kak Vincent pun menyiapkan satu video yang ia temukan di Youtube dengan judul Brené Brown on Empathy. Melalui video ini, kita sebagai #MahasiswaSosial diajak untuk memahami perbedaan empati dan simpati yang ternyata sangat berbeda karena empati menekankan pada koneksi antarindividu.

Setelah menonton video, Kak Vincent juga membagikan empati dalam konsep yang lebih sederhana sehingga dapat diaplikasikan. Konsep empati yang dibagi menjadi dua, yaitu mendengarkan bukan memberi saran dan memahami bukan membandingkan.  Materi yang sangat penting bagi kita para #MahasiswaSosial agar terus mengedepankan pemahaman bukan penghakiman.

Kak Vincent kemudian melontarkan pertanyaan “Apakah dari 267 juta jiwa penduduk Indonesia, kamu pernah bertemu dengan orang baik yang sesuai kriteriamu?” “Karena jika sampai saat ini kamu belum menemukannya, maka jadilah salah satunya” tutup Kak Vincent sambil meyakinkan #MahasiswaSosial agar terus berbuat baik untuk lingkungan dan Indonesia.

Sekian Klasik tentang empati bersama Kak Vincent. Sampai jumpa di Klasik selanjutnya!

Salam,
#MahasiswaSosial

Penulis : Ivan Hartanto
Editor : Gabriela Natasya

Gimana komentar kamu?