Keceriaan Dalang Cilik Wayang Kampung Bambu 01!

Halo, #MahasiswaSosial !

Di Minggu ketiga bulan Februari, Social Designee berkunjung lagi ke Kampung Bambu 01. Seperti biasa, kegiatan diawali dengan melakukan perkenalan antar adik-adik dan para relawan kemudian dilanjutkan dengan cerita dongeng. Tidak seperti dongeng pada umumnya, di sesi kali ini para relawan mencoba menceritakan dongeng yang sama dengan dua versi yang berbeda, yakni kisah kelinci dan kura-kura. Dalam versi pertama, kura-kura tidak membangunkan kelinci yang tertidur dan berjalan hingga garis finish. Namun, di versi yang lain, kura-kura membangunkan kelinci kemudian mereka berdua mencapai garis finish bersama.

(Dokumentasi oleh Veliana Trisha)

Keseruan ini kemudian menjadi diskusi antar kelompok. Terjadi perdebatan perspektif antara dua versi dongeng kura-kura dan kelinci. Sesi ini berjalan seru dan berakhir dengan timbulnya pengertian pada adik-adik akan adanya perbedaan pendapat dan sudut pandang.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi membuat prakarya, yakni wayang-wayangan. Adik-adik dengan semangat membuat wayang-wayangan sesuai kreasi mereka sendiri. Ada yang membuat wayang yang bergambar rumah, pohon, hewan, dan ada pula yang menggambar dirinya sendiri. Beberapa anak yang kesulitan dalam menggambar hewan dibantu oleh para relawan yang cekatan.


(Dokumentasi oleh Veliana Trisha)

Pada akhir kegiatan, semua kelompok mempresentasikan hasil karya mereka dalam bentuk cerita. Tiap kelompok maju ke depan kemudian membuat drama dari masing-masing wayang yang mereka miliki. Semua drama dilakukan secara spontan dan ditampilkan adik-adik dengan sangat menarik! Ada beberapa adik yang berimprovisasi sesuai kreativitas mereka. Selain itu, muncul dialog-dialog yang lugu dan tidak terduga sehingga alur cerita menjadi semakin seru!

Sekian artikel mengenai kunjungan di Kampung Bambu 01. Sampai jumpa di artikel berikutnya!


Salam,
#MahasiswaSosial

Penulis : Marcellinus Kencana Kusuma Wicitra
Editor : Gabriela Natasya

Gimana komentar kamu?