Generasi Muda Memiliki Kekuatan untuk Memulai Aksi

Penulis: Cynthia Fayola

“Young people know social issues around them but less (of them) take action.”

Dikutip dari video Misk Global Forum, sebuah kalimat menyentil diutarakan oleh Ryan Sucipto, pendiri Social Designee, ketika menjadi salah satu pembicara. Apakah teman-teman setuju dengan ucapan Kak Ryan? Atau justru ucapan ini memberikan kesadaran bahwa kamu termasuk dalam kategori “young people” tersebut?

Kak Ryan terbang ke Saudi Arabia untuk membagikan kisahnya menjadi seorang social entrepreneur. Tanggal 15 November 2018, ia dan tiga orang panelis mancanegara lainnya menceritakan social enterprise yang telah mereka bangun dengan Ibu Parminder Vir OBE sebagai moderator.

Perkataan inspiratif banyak disampaikan oleh Kak Ryan. Ia percaya bahwa banyak anak muda tidak melakukan aksi sosial karena mereka tidak memiliki sarana yang cukup; baik itu uang maupun jaringan. Padahal, sebuah visi dapat terwujud hanya dengan daya yang kita miliki saat ini. Sama halnya dengan Kak Ryan dalam membangun Social Designee; bermula dari pemikiran bahwa kreativitas adalah solusi dan didukung dengan tenaganya dalam melakukan riset seorang diri.

Berdasarkan ketakutan-ketakutan kaum millennial dalam memulai gerakannya, Kak Ryan mengeluarkan kata-kata penyemangat bagi mereka yang membutuhkan batu loncatan. Ia meminta agar anak-anak muda segera memulai aksi sosial tanpa memedulikan minimnya pengalaman dan ragamnya masalah yang dimiliki. Kak Ryan percaya bahwa setiap orang memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan.

Untuk kamu generasi muda penerus bangsa, seorang sineas ataupun seorang ahli matematika; kamu memiliki suara jika menjalankan aksi yang nyata. Jika murni melakukannya untuk masyarakat, banyak orang akan mendengar dan turut membantu dalam membangun social enterprise yang kamu miliki.

Ayo kaum muda, terutama #MahasiswaSosial ! Kak Ryan mengajak kamu untuk menembus keterbatasan menggunakan kreativitas agar dapat memberikan pengaruh yang besar dan positif untuk sekitar!

Salam,
#MahasiswaSosial

Gimana komentar kamu?