Bukber Tanpa Menghasilkan Sampah, Intip ‘Ayo Berbuka Ceria 4’ !

Halo, #MahasiswaSosial !

Sudah tahu dong kalau di tahun 2019 ini Social Designee mengangkat tema ‘Toleransi’ dan ‘Lingkungan’? Nah, pada tanggal 25 Mei kemarin Social Designee mengadakan kegiatan ‘Ayo Berbuka Ceria 4’ dalam memperingati bulan Ramadan. Kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi yang ditujukan pada adik-adik dan keluarganya di Kampung Pakulonan Barat 03 dan Medang 01.

Kegiatan Ayo Berbuka Ceria 4 akan menutup tema ‘Toleransi’ dan mengantarkan kita pada tema selanjutnya, yaitu ‘Lingkungan’! Selain relawan, ada teman-teman dari Sabang Merauke juga yang hadir sebagai mitra dari Social Designee selama menyusun materi pada periode sebelumnya, lho!

Penasaran bagaimana serunya ABC 4 kemarin? Lanjut membaca yuk!

(Dokumentasi oleh Kevin Leonard A.)

#MahasiswaSosial pasti sudah hafal dengan peribahasa yang satu ini: Tak kenal, maka tak sayang! Sesampainya di desa, kakak dan adik yang belum berkenalan langsung menyapa satu sama lainnya sambil bercanda tawa. Baru datang, sudah disambut dengan yang hangat saja ya!

Biar makin akrab, kakak-kakak dari Social Designee mengajak bermain bersama. Judul permainannya yaitu ‘Ketupat Berantai’! Mendengar itu, adik-adik sempat kebingungan. Memangnya ada ya ketupat berantai?

Oh, ternyata ketupatnya ini harus dianyam dari kertas! Biar hasilnya bagus, adik-adik mewarnai dahulu kertas mereka masing-masing, lalu kertas itu akan dioper ke teman sekelompoknya untuk dianyam. Hasilnya unik-unik lho, bahkan ada yang membuat ketupat pelangi seperti ini, nih!

(Dokumentasi oleh Kevin Leonard A.)

Bikin baper, eh laper ya, hehe! Tapi ternyata tidak, sebab adik-adik Pakulonan Barat 03 dan Medang 01 sangat bersemangat menunggu jam buka puasa nanti. Kegiatan pun dilanjutkan dengan kreasi unik selanjutnya. Kalau ketupat tadi berwarna-warni, karya yang ini berwarna tapi tidak terlihat. Lho, kok bisa?

Jadi kreasi ini juga merupakan gambar tangan adik-adik, namun warnanya baru akan kelihatan apabila kertas gambar tersebut ditarik ke atas. Siapa yang sangka, ternyata materi ini punya pesan yang dalam lho! Kakak-kakak #MahasiswaSosial mengajarkan kita semua bahwa kita tidak boleh berprasangka dan menilai seseorang atau sesuatu dari luarnya saja. Wow, bagus banget ya maknanya!

(Dokumentasi oleh Kevin Leonard A.)

Akhirnya dimulailah sesi buka bersama. Adik-adik pun bergabung dengan kakak relawan yang tadinya menyiapkan ruangan dan menyusun makanan. Dibuka dengan doa bersama, suasana berubah menjadi khusyuk namun tidak kaku. Sambil menyantap makanan yang dihidangkan, kakak #MahasiswaSosial duduk bersama dengan adik-adik serta keluarganya.

(Dokumentasi oleh Kevin Leonard A.)

Yang menarik dari Ayo Berbuka Ceria 4 ini, tidak ada sampah plastik maupun penggunaan kemasan sekali pakai lho! Dengan konsep ala liwetan, makanan dihidangkan di atas daun pisang. Untuk minumannya, semua peserta telah dihimbau untuk membawa wadah air masing-masing. Kalau kakak #MahasiswaSosial sering miris melihat banyaknya sampah plastik dari kemasan sekali pakai, boleh nih ditiru caranya!

Nah, sekian dulu ya artikel mengenai Ayo Berbuka Ceria 4 ini. Semoga hangatnya kebersamaan dan suasana berbagi di desa dapat ditularkan kepada kakak #MahasiswaSosial yang membaca tulisan ini! Kalau kakak tertarik untuk mempelajari bagaimana cara kreatif kita untuk memelihara diri dan lingkungan kita, yuk #JadiRelawan di periode selanjutnya mulai Agustus 2019 nanti!

Sampai jumpa di artikel berikutnya! Salam #MahasiswaSosial !

Penulis : Jennifer Handali

Gimana komentar kamu?