Berbeda tapi Tetap Teman

Halo, #MahasiswaSosial !

Sabtu, 6 April 2019 merupakan minggu pertama kegiatan di bulan April, dengan tema “Toleransi”. Seperti biasa, adik-adik Desa Bojong Gintung berkumpul di bawah pohon untuk beraktivitas. Kegiatan dimulai dengan perkenalan antara relawan-relawan baru dengan adik-adik desa. Setelah itu, salah seorang kakak MC membuka pembicaraan tentang perbedaan. “Apa saja yang membedakan kita dengan teman kita?” Banyak adik-adik yang mengatakan suku, agama, orang tua, rumah, bahkan makanan kesukaan. Hal yang menarik adalah ada salah satu kakak dari Social Designee, yaitu Kak Kevin, yang memperkenalkan diri menggunakan bahasa isyarat. Melihat perbedaan ini, adik-adik pun tertarik untuk berkomunikasi dengan Kak Kevin meskipun awalnya malu-malu. Kakak lainnya bertanya, “Apakah karena perbedaan ini kalian masih mau berteman dengan Kak Kevin?”. Adik-adik pun menjawab dengan antusias, “Mau!”

(Dokumentasi oleh Rinneke Wihelmina Ruth Pantouw)

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan permainan Kereta Indonesia. Permainan ini dimulai dengan adik-adik yang membuat lingkaran sambil memegang bahu temannya dari belakang sehingga membentuk kereta-keretaan, kemudian menyanyikan lagu yang telah disiapkan. Penggalan lirik lagu yang dinyanyikan memiliki makna bahwa meskipun kita berbeda-beda tapi kita tetap teman yang hidup di satu negara, yaitu negara Indonesia.

(Dokumentasi oleh Rinneke Wihelmina Ruth Pantouw)

Setelah bernyanyi dan bermain bersama, kegiatan dilanjutkan dengan mewarnai beberapa gambar hewan, seperti ikan, gajah, kura-kura dan kupu-kupu. Adik-adik dibebaskan untuk mewarnai seunik mungkin dan menambahkan bentuk atau atribut baru pada binatang tersebut. Adik-adik pun antusias untuk berkarya menggunakan pensil warna. Meskipun sempat pindah tempat karena hujan, adik-adik berhasil menyelesaikan karya mereka yang unik dan lucu.

(Dokumentasi oleh Jennifer Anastasia Simon)

Kegiatan berakhir dengan sangat menyenangkan meskipun adik-adik sedikit kehujanan. Tidak lupa kami berfoto bersama, dan adik-adik bersalaman dengan kakak-kakak relawan.

Sampai berjumpa minggu depan, ya!

Penulis : Edita Inten A.
Editor : Gabriela Natasya

Social Designee, April 2019

Gimana komentar kamu?