Bermain Bersama dan Membudayakan Cuci Tangan!

Penulis: Evan Tandjaya
Editor: Cynthia Fayola

Halo #MahasiswaSosial!

Salah satu momen paling dikenang adalah ketika bermain dan belajar bersama dengan teman-teman. Bukankah begitu #MahasiswaSosial?

Pada tanggal 13 Oktober 2018, kami melakukan kunjungan ke Desa Pakulonan Barat 03. Kunjungan ini kami lakukan sekaligus untuk memperingati Global Handwashing Day yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober.

Kami mengawali kegiatan dengan mendatangi dan memanggil adik-adik ke rumah mereka. Awalnya, kami cemas bahwa mereka sedang tidak ingin bermain dan belajar bersama. Ternyata, mereka begitu antusias menerima ajakan kami dan langsung menuju saung tempat kami semua berkumpul!

(Dokumentasi oleh Nicoletta Joan)

Kak Franko dan Kak Evelyn mengajak adik-adik untuk bermain “Anak Bebek.” Permainan “Anak Bebek” adalah permainan di mana adik-adik berperan sebagai anak bebek dan Kak Franko serta Kak Evelyn berperan sebagai induk bebek. Lucunya, ketika Kak Franko sedang menjelaskan peraturan permainan, salah satu adik bernama Falah spontan menjongkok dan berdiri berulang kali, seakan-akan memeragakan gaya katak. Padahal, gerakan yang harus mereka lakukan adalah gaya bebek. Lucu ya!

Ketika permainan berlangsung, tawa dan juga gerakan-gerakan yang lucu tidak bisa ditahan untuk dikeluarkan oleh kakak-kakak relawan beserta adik-adik. Adik-adik memeragakan gaya senang, sedih, takut, dan bahkan gaya patung, yaitu sebuah gaya di mana adik-adik harus diam dan tidak boleh bergerak sama sekali. Sungguh lucu dan beraneka ragam pose yang dilakukan adik-adik ketika bergaya patung! Hanya satu hal yang sama-sama mereka semua lakukan, yaitu senyum dan tawa yang ditampilkan dan dikeluarkan oleh mereka.

(Dokumentasi oleh Nicoletta Joan)

Kegiatan selanjutnya adalah mewarnai gambar tangan bersih dan tangan kotor. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran adik-adik akan pentingnya mencuci tangan. Adik-adik pun mulai menunjukkan kemampuan mereka dalam berkreasi warna. Bahkan ketika selesai mewarnai, beberapa adik langsung memamerkan hasil karya mereka kepada teman-temannya loh!

Kemudian, adik-adik mempresentasikan hasil karya mereka setelah selesai mewarnai. Terdapat beberapa adik yang dengan berani mengajukan diri untuk mempresentasikan hasil karyanya. Patut diacungkan jempol nih!

Sekian artikel pada kunjungan tanggal 13 Oktober 2018 di Desa Pakulonan Barat 03. Sampai jumpa!

Salam,
#MahasiswaSosial

Gimana komentar kamu?