World Clean Up Day 2018: Adik-Adik Desa Ikut Serta dalam Kegiatan Bersih-Bersih!

Penulis: Arya S. Aji
Editor: Cynthia Fayola

Halo #MahasiswaSosial!

Tanggal 15 September 2018 kemarin, bertepatan dengan World Clean Up Day, para relawan turut berpartisipasi loh!

Saat itu, terdapat lebih dari 15 juta orang dari 158 negara yang secara serempak melakukan kegiatan bersih-bersih! Nah, pastinya kami tidak mau kalah dong! Kami mengajak adik-adik di seluruh desa yang kami bina untuk ikut serta dalam kegiatan menjaga kebersihan ini.

(Dokumentasi oleh Arya S. Aji)

Pada artikel ini kami akan lebih fokus dalam menceritakan kegiatan bersih-bersih di Kampung Bambu 3B. Berbeda dengan briefing sebelumnya, kali ini para relawan diberikan plastik beserta sarung tangan untuk pelaksanaan aktivitas cleaning up.

Sesampainya di desa, para relawan dan anggota Social Designee bersama adik-adik Kampung Bambu 3B beramai-ramai membersihkan sampah di area desa. Sungguh seru dan bermanfaat kegiatan ini! Adik-adik pun juga terlihat senang!

(Dokumentasi oleh Arya S. Aji)

Sampah-sampah yang telah ditemukan kemudian dipilah agar beberapa sampah-sampah tersebut dapat digunakan untuk pembuatan karya. Pada sesi materi kali ini, kami memberikan kertas yang telah tercantum sebuah gambar seorang anak dan balon dialog yang masih kosong. Adik-adik Kampung Bambu 3B harus menghiasi gambar tersebut dengan sampah-sampah yang telah dipilah.

Adik-adik mulai menempel pakaian berupa sampah pada gambar orang di dalam kertas tersebut. Terdapat adik-adik yang juga memberikan rambut dan aksesoris menggunakan sampah-sampah tersebut. Kami senang melihat adik-adik yang terlihat berpikir keras untuk menjadi yang paling kreatif di antara teman-temannya dalam pembuatan karya ini.

Sekian sepenggal cerita di Kampung Bambu 3B. Nantikan cerita Social Designee berikutnya ya!

Salam,
#MahasiswaSosial

Gimana komentar kamu?